Kucing Hutan / Blacan

Thursday, October 11, 201213comments

Kucing Hutan / Blacan
Blacan atau dikenal juga dengan berbagai nama daerah seperti meong congkok, macan akar, macan rembah, macan rembang, atau mungkin masih ada yang lainnya merupakan ras kucing hutan yang saat ini termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia.
Dalam bahasa Inggris, kucing liar ini disebut Asian Leopard Cats atau biasa di singkat ALC karena corak bulunya yang menyerupai macan tutul. Kucing hutan ini masuk dalam genus Prionailurus dan spesies Prionailurus Bengalensis (P.B). Terdapat 3 jenis kucing hutan yang hidup di Indonesia yaitu sub spesies P.B Javanensis penyebarannya di jawa-Bali, P.B Sumatranus di Sumatra, dan P.B Borneoensis di Kalimantan.
Kucing ini termasuk hewan yang aktif di malam hari (nocturnal) untuk mencari buruan. Makanan kucing hutan ini berupa hewan-hewan kecil seperti tikus, kelinci, burung, serangga, dan amphibi. Kucing ini memiliki kemampuan memanjat yang sangat hebat. Selain itu, kucing ini juga dapat berenang.
Ukuran tubuh kucing hutan kurang lebih sama dengan ukuran kucing domestik. Yang membedakan kucing hutan dengan kucing domestik dalam penampilannya adalah corak bulu dan warnanya. Untuk blacan yang berkembang di Indonesia cenderung berwarna dasar kuning kecokelatan dengan belang-belang hitam dari kepala hingga tengkuk. Sedangkan corak bulu pada bagian tubuh biasanya tutul tutul kayak macan tutul..
Oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora), Blacan dimasukan ke dalam Apendiks II kecuali untuk Blacan/kucing hutan yang berkembang di Bangladesh, India dan Thailand yang dimasukkan dalam daftar Apendiks I. 
Dan oleh IUCN ( International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources.) Red List, Blacan dimasukan ke dalam status konservasi Least Concern (Resiko Rendah) kecuali untuk subspesies P. b. iriomotensis yang berstatuskan Endangered (Terancam).
Meskipun kucing ini merupakan hewan yang dilindungi, ternyata di sebuah situs online saya dapati orang yang jual kucing hutan. Harga kucing hutan yang dibanderol adalah 300 ribuan.


Referensi : blacan-ibk.forumq.net dan flora-faunaindonesia.blogspot.com
Share this article :

+ comments + 13 comments

Anonymous
June 30, 2013 at 9:40 PM

aku punya satu ekor umur kurang lebih 9 bulan, betina...dan sekarang aku sedang cari jodoh buat dia, kalian yg punya blacang jantan bisa hubungi aku di email ayline_wal@yahoo.com

October 16, 2015 at 8:34 AM

macan akar 600 nego

October 16, 2015 at 8:34 AM

macan akar 600 nego

November 18, 2015 at 8:46 PM

GUA MAU ADOPSI NIH.
KALAU ADA YANG MAU JUAL HUBUNGI GUA SEKARANG JUGA 083833111577
BUTUH 2 KALAU HANYA 1 YA GPP

March 17, 2016 at 5:55 PM

Hhhh..malah dipake lapak, udah tau dilindungi

March 17, 2016 at 5:55 PM

Hhhh..malah dipake lapak, udah tau dilindungi

April 17, 2016 at 7:32 PM

Gue jg punya.blacan borneo sdh bisa makan nasi ama tulang ikan. Umur 1th 5bln.

April 24, 2016 at 11:29 PM

Lokasi mana om ali? Apa mau di jual Borneo nya?

May 8, 2016 at 8:28 AM

Ane ad 3.posisi inhu riau

September 6, 2016 at 12:47 AM

Mohon bantuanya ya...aku nemu kucing ini di jala.karna coraknya unik.aku n swamiku tangkap kucing itu.setelah itu aku browsing je~is kucing.ternyata itu adlah kucing blacan.aku mau kasih kucing itu k kabun binatang.tp gmn jalurnya yahh...

October 6, 2016 at 3:51 PM

Aku punya 3ekor

July 23, 2021 at 10:30 PM

Saya baru dapet satu nih emang harga kisaran berapa yah,,hheee

July 23, 2021 at 10:32 PM

Ngomong2 harga untuk jenis ini kisaran berapa yah.??

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger